tentang naMa baik

Nama baik, apakah gerangan itu?

Hmm,

Jadi beberapa waktu lalu itu ada kasus pencemaran nama baik. Pencemaran itu bukan oleh limbah pabrik ataupun asap knalpot, tapi dari sebuah email. We.., lha kasusnya kan rame banget terutama di kalangan masyarakat dunia maya ini, kalo sampeyan sampe ndak tau ya itu namanya terlalu…

Itu adalah kisah tentang konsumen yang tidak puas oleh pelayanan sebuah Rumah Sakit Omni lalu menyampaikan ketidakpuasannya ke orang lain melalui media internet yang lalu menyebar lebih luas lagi. Sampe di sini saya jadi inget dengan tulisan-tulisan di warung-warung makan itu yang bunyinya kurang lebih begini: “kalau anda tidak puas beri tahu kami, kalau anda puas beri tahu rekan-rekan anda”. Lha maksud dari si penjual menuliskan yang seperti itu tentunya biar kalo konsumen merasa puas dia bisa berpromosi kepada teman-temannya yang lain sehingga citra warungnya akan terkenal baik, yang akan mengakibatkan jualannya jadi laku, sedang kalo konsumen gak puas cukuplah bilang sama yang punya warung biar si empunya warung tadi bisa mengevaluasi kekurangan dan citra buruk itu tidak usah menyebar kemana-mana…

Dari cerita di atas, dapat disimpulkan bahwa nama baik adalah sesuatu yang bisa mengakibatkan seorang penjual bertambah kaya.

Lha, kemaren juga ada ribut-ribut tentang ujian nasional. Cerita lama yang terus berulang, tentang kecurangan. Tentang pihak sekolah yang ingin menjaga reputasi sekolahnya, tentang Kepala Dinas yang ingin menjaga reputasi wilayahnya. Ha kalo banyak siswa yang gak lulus kan malu, reputasi, nama baik dipertaruhkan disini, maka ditempuhlah berbagai cara termasuk dengan kecurangan itu…

Sampai di sini dapat disimpulkan pula bahwa nama baik adalah sesuatu yang bisa membuat orang menghalalkan segala cara untuk bisa menjaganya…

Lalu, suatu hari di sudut sebuah terminal. Itu adalah tempat yang lumayan rame oleh beberapa anak muda, sekumpulan pengamen dan juga preman. Ceritanya mereka bercanda, saling meledek.. Sebuah insiden yang kemudian terjadi adalah, salah seorang preman yang nampak paling sangur (lebih sangar dari sangar) marah-marah sambil melakukan intimidasi fisik pada salah seorang pengamen tadi, itu terjadi karena si pengamen dianggapnya kelewatan dalam bercanda, tersinggunglah itu preman, marah-marahlah dia, mengancamlah dia dengan keunggulan fisik yang ia miliki. Si pengamen itu pun berkali-kali bilang maaf karena dia hanya bercanda dan oh si preman itu sepertinya tak peduli dengan permintaan maaf malah makin menjadi-jadi ancaman yang dia lakukan, malah pakai acara nggajul bin nendang segala, alasennya karena ucapan si pengamen telah menyinggung harga dirinya (harga diri itu kayaknya masih sodara sama nama baik). Tentunya itu tindakan yang terlalu berlebihan, mengingat yang mengucapkan juga telah minta maaf, lha tapi bagaimana lagi.., si preman punya kekuatan dan kekauasaan je…

Lha iya, satu lagi kesimpulan tentang nama baik adalah, jika kau adalah seorang yang merasa lebih kuat dari orang lain, nama baikmu adalah sesuatu yang sangat suci sehingga apa pun yang menyinggungnya kau boleh membalasnya dengan lebih sadis. Dan bahkan, kalau kau punya kekuasaan yang luar biasa, terkadang pengrusakan terhadap nama baikmu adalah hal yang berbahaya, maka sumber-sumber pencemaran itu harus dilenyapkan…

Ya, sisi horor nama baik…

45 respons untuk ‘tentang naMa baik

Add yours

  1. sebenarnya apalah arti sebuah nama
    bagi saya.. saya di panggil dengan sebutan apapun itu gak jadi masalah
    yang penting adalah anda nyaman dalam memanggil saya

    harga diri dan kehormatan nama itu hanya ilusi balaka

  2. mungkin sebaiknya kalo ngasih nama ke anak nnt dikasih kata “baik” di namanya. misal grubik baik, easy baik, tono baik,
    huehehehehe…
    jadi seburuk2 perilakunya akan tetap menjadi orang baik 😀

    eh mas, boleh juga keknya toko onlineku pake tagline gitu ya “jika anda puas boleh belanja lagi, dan jika tidak puas coba belanja lagi” 😀

  3. hehehe.. gajah mati meninggalkan gading.. harimau mati menggalkan belang.. manusia mati meninggalkan nama
    Salam Sayang

  4. menjaga nama baik ya?… harus… 😀 kalau emang kitanya baik, insha Alloh pandangan orang lain akan baik sama kita. Kecuali ada fitnah yang mengarah pada kita, baru kita harus berusaha membersihkannya.

    Ada pepatah, 20 tahun membangun reputasi baik, bisa saja reputasi itu runtuh dalam hitungan menit…

  5. hm.. bner jug ayah…
    makin besar suatu nama (kekuasaan) makin susah jaga nama baiknya…

    hm.. saya musti hati2 ney *sok punya kekuasaan besar hehehehe

  6. nama baik….
    nama baik adalah sebuah citra kita dimasyarakat umum…
    nama baik bisa didapatkan dari tingkah laku serta tindakan kita terhadap lingkungan sekitarnya…
    menjaga nama baik sangatlah sulit, karna sedikit saja kesalahan yg kita lakukan bisa menghapus segala kebaikan kita sebanyak apapun…

    so, nama baik adalah sesuatu yg sangat sulut didapatkan tetapi begitu mudah dilenyapkan…

    nice post…
    salam kenal yah 😀

  7. namaku agung. Dudu baik. 😀

    Aku tau moco buku sing judule “Bagaimana berdamai dengan orang lain”. Nang buku iku dipertanyakan kenapa manusia tersinggung kalau dihina. Padahal kan ga kurang apa-apa. 😀

  8. Endingnya itu lhooo, sisi horor dari nama baik.

    Duuh !
    Jadi takut.

    Kata org butuh berpuluh – puluh tahun membangun nama baik namun cukup beberapa menit saja menghancurlannya.
    Walau begitu, itu bukan legitimasi untuk bisa menyiksa org dengan sadis untuk mempertahankannya…

  9. Klo diliat dari nama, banyak yg ngira saya ni cowok, tapi banyak juga yg bilang nama saya baik koq, Anugrah Izati,,, heleh leh, nopo to iki??! hehe

    Mgkin lebih penting “akhlak/pelayanan/perbuatan baik yg sebenarnya ada, bukan diada2kan saja” daripada sekedar nama baik (dengan segala rupa2 arti n makna yg dah bapak uraikan tadi) … 😆

Tinggalkan Balasan ke alfaroby Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: